SUNGGUH LUAR BIASA, TERNYATA KHASIAT BROTOWALI BISA MENYEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT SEPERTI MALARIA, DIABETES, REMATIK, MENURUNKAN PANAS HINGGA SEBAGAI PENYEMBUH LUKA, INI CARANYA! SILAHKAN DI SHARE




(Tinospora Crispa) yakni Salah saaatu type tanaman obat tradisional khas indonesia. Tanaman ini sesungguhnya termasuk tumbuhan liar yang dapat di temukan tumbuh alami di rimba atau pekarangan.

Rasa Brotowali terkenal sangat pahit. namun, di balik rasa pahit ini ada manfaat yang sangatlah tinggi untuk kesehatan manusia.

Selain Dikenal dengan nama Brotowali, tanaman ini dapat mempunyai bermacam-macam nama lain di beberapa daerah di indonesia, seperti bratawali, akar aliali, andawali, antawali, putrawali, daun gadel, dan lain-lain.

Zat Bermanfaat yang ada didalam Brotowali antara lain : Alkaloid, berberina, Glikosida pikroretosid, Zat pahit pikroretin, hars, barberin, palmatin, kolumbin dan kokulin.

Faedah

Brotowali kerap di pakai sebagai salah satu bahan untuk buat jamu atau ramuan tradisional yang berguna untuk pengobatan. Rebusan batang Brotowali yang terasa pahit umum di buat jadi obat
rematik, juga untuk mengurangi gula darah, turunkan panas, dan menolong mengurangi gejala kencing manis.

Tanaman Brotowali juga berguna untuk membunuh bakteri pada luka-luka seperti memar atau kudis, merangsang kerja urat saraf sampai alat pernapasan bekerja dengan lebih baik, penambah nafsu makan, turunkan kadar gula dalam darah, mengobati malaria bahkan diabetes.

Olahan

Hasil olahan utama yang memakai bahan utama Brotowali pastinya ramuan jamu tradisional. salah satu ramuan Brotowali yang bisa di buat sendiri yakni jamu untuk menyembuhkan penyakit Rematik. Di bawah ini resep dan cara membuatnya :

Satu jari batang Brotowali di bersihkan dan potong-potong secukupnya.
Rebus bersama 3 gelas air, tunggulah hingga menyusut setengahnya.
Matikan api, dinginkan.
Saring setelah dingin dan ditambah madu secukupnya
Siap, diminum, sehari tiga kali masing-masing 1. 5 Gelas.
Brotowali juga dapat di pakai sebagai penyembuh luka. Caranya juga sangat mudah. DaunBrotowali di tumbuk halus, letakkan pada luka. ubah 2 x sehari-hari. untuk mencuci luka, gunakan air rebusan batang Brotowali reportaseterkini

sumber:http://www.sumberjayapost.com/2016/03/luar-biasa-ternyata-khasiat-brotowali.html
SUNGGUH LUAR BIASA, TERNYATA KHASIAT BROTOWALI BISA MENYEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT SEPERTI MALARIA, DIABETES, REMATIK, MENURUNKAN PANAS HINGGA SEBAGAI PENYEMBUH LUKA, INI CARANYA! SILAHKAN DI SHARE SUNGGUH LUAR BIASA, TERNYATA KHASIAT BROTOWALI BISA MENYEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT SEPERTI MALARIA, DIABETES, REMATIK, MENURUNKAN PANAS HINGGA SEBAGAI PENYEMBUH LUKA, INI CARANYA! SILAHKAN DI SHARE Reviewed by Kartik Dewi on 00.05 Rating: 5

Featured Posts